Masih Fika

By isnaini nururrosida - 6:39 AM

Kali ini rada serius. Bahasan anak baru gede. Bahasan anak baru bisa mikir, perkara kaget ditinggal kakanya nikah. Dibawelin ortu suruh push rank mulu. Haha apasi ah. Sebelum baca ini harus banget si, baca yang Fika dulu. Biar rada nyambungan.

Bicara tentang Fika, berarti bahas perkara orang tua. Orang tua, identik sama hal yang berbau didik - mendidik. Sejatinya setiap orang tua pasti selalu ingin memberi. Dari yang baik sampai yang terbaik. Itu kenapa di dunia anak, pasti ada aja tuntutannya masing-masing. Dan tiap anak pasti punya kadar kejengahannya tersendiri. Beragam tuntutan yang kadang jadi beban pribadi bagi anak. Selalu salut sama gaya parenting yang membebaskan anak tapi juga dibarengi sama pendampingan. Pendampingan dalam konteks ini bukan dengan mendikte apalagi memanjakan yaa. Aku pribadi merasa gaya parenting yang interaktif bakal jadi cara yang efektif buat bounding antar anak dan orang tua.

Mama Fika pernah tanya, mau cari apa lagi sih orang tua kalo anaknya udah gede? (Kalo ada yang tanya gitu jawabnya apa? Jawab gini (?): Ya tinggal tunggu mati bu, kan hidup di dunianya udah puas. (Diusir langsung tuh kalo lagi bertamu.)) Pointnya sebenernya gini; dari dunia ada sampe sekarang, sebenernya alurnya ya gitu gitu aja. Hidup yang selalu punya alur yang sama, dengan cara tempuh dan rasa yang beda beda. Rasanya? Yaa.. Tergantung gimana kadar limit kita ke lingkungannya. Karena percaya ga percaya, lingkungan tuh bener-bener punya dampak yang besar buat diri kita. Bahkan efeknya sampe ke mental dan kepribadian. Ambil aja contoh serbuan pertanyaan lebaran. Bagi mahasiswa: Kapan wisuda? Kapan kerja? Kapan nikah? Kalo yang udah nikah: Kapan hamil? Kapan kasih adek? (Yey gabosen ya tiap tahun basa-basi nya gitu gitu aja. Bagi penanya emang gada masalah apa-apa. Kalo penjawab? Ya senyumin aja deh ya.) Beruntung bagi orang yang punya pertahanan yang kuat. Buat yang engga? Jepang aja sekarang udah banyak loh yang buka jasa ‘membunuh’ orang. Yang order? Antri. Apa musti juga, kita sebagai market kudu increasing demand supaya bisnis pembunuhan di Indonesia, ada dan laku keras juga? Huff dunia.

Dibalik cerita Fika, ada satu hal yang nampoll banget. Bahwa ternyata orang tua tuh ga butuh loh prestasi kita yang setinggi langit. Orang tua tuh ga butuh loh apa apa dari kita. Yang mereka butuhin cuma attitude. Attitude kita yang baik. Why? Karena dengan attitude yang baik bisa bikin kita dan orang tua, kumpul lagi di surga. Sesimple itu dan sesayang itu orang tua kita ke kita. Mereka cuma pengen kumpul bareng lagi. Mereka gamau seneng sendiri. Ongkang ongkang kaki di surga sementara kita sibuk ngebersihin dosa di neraka. Terus prestasi yang selama ini mereka tuntut buat apa? Buat kita sendiri. Bekel hidup di dunia. Karena orang tua kita tau, ga mungkin cuma bikin kita pinter ngaji trus otomatis kita bisa seneng juga di dunia. That’s the point.

Gimana kalo dari sisi anak? Menurut aku, sosok Fika bisa banget dijadiin patokan buat jadi anak yang getting better. Percaya banget kalo tiap anak punya latarbelakang yang beda beda. Gitu pula cara buat do something for improve ourself itu beda beda. Tau banget juga, jadi anak macem Fika itu bukan hal yang gampang dan cuma-cuma. Pasti ada pengorbanan disana. Di minta tolongin orang tua? Gapernah bantah. Bantuin tugas orang tua, supaya bikin anaknya sukses didunia? Gausah ditanya, di SMA dia selalu jadi bintang di tiap mata pelajaran, apapun. Sabar? Apalagi, orang tuanya aja sampe gatau dimana letak salahnya Fika selama dia hidup. Bikin bahagia orang tua? Ini banget juga. Sampe dia udah meninggal aja, ada aja cara dia buat bikin orang tuanya seneng dan bangga. Dianya emang ga ada. Tapi temen temennya yang selalu ada buat ngobatin rasa kangen mamanya ke Fika. Bantuin orang tua supaya bisa kumpul lagi di surga? Bahkan point satu ini, orang tuanya yang selalu dapet tamparan kalo lagi lupa sama pencipta-Nya.

Kalo bisa disimpulin, benang merahnya cuma satu. Self Control. Gampangnya mah atur emosi. Karena akar dari ketidakpatuhan kita sama pencipta atopun sama orang tua itu emosi. Seringgg banget orang tua bilangin, SABAR.

“Sabar to le men pikirmu jembar. Men awakmu sehat”.

“Sabar nak, supaya kamu bisa mikir jernih. Biar badanmu juga sehat”.

Iya banget. Toh kalo mau dipungkiri juga udah banyak penelitian scientific yang bahas tentang penyakit kronis yang akar masalahnya dari emosi.

Aku manusia. Gitu juga kamu yang takdirnya juga jadi manusia. Jadi kalo aku sakit jiwa. Ingetin aja yaaa!!

  • Share:

You Might Also Like

1 comments